Blogger Jateng

Keutamaan Surat Al-A'la


Surat Al-A'la


Surat ke 87 ini terdiri atas 19 ayat dan tergolong surat Makkiyah. Isi kandungannya secara garis besar berisi perintah Allah agar memperbanyak tasbih, dan cara-cara untuk memperoleh kesuksesan hidup di dunia dan akhirat. Surat ini sunnah dibaca pada shalat jum’at dan hari raya.

Keutamaan Surat Al-A'la


Telah disebutkan dalam sejumlah hadits bawa surat Al A'la mengandung beberapa keutamaan. Salah satunya sebagai surat yang paling disukai atau paling sering dibaca oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah membaca surat ini pada rakaat pertama salat Jumat, salat led, salat Witir dan sesekali dalam rakaat pertama salat Maghrib. Hadits dari Nu'man bin Basyir RA, ia berkata,

"Rasulullah bisa membaca surat Al A'la dan surat Al Ghasiyah dalam salat dua hari raya dan salat Jumat. Bila salat Ied bertepatan dengan hari Jumat, beliau juga membaca kedua surat tersebut dalam kedua salat itu," (HR Muslim).

Melansir dari laman Bincang Syariah, keutamaan Surat Al-A'la diambil dari riwayat hadis yang berada dalam Kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar karya Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi. Berikut tiga keutamaan Surat Al-A'la selengkapnya yang perlu diketahui:

1. Mendapat Pahala Kebaikan


Muslim yang membaca Surat Al-Al-A’la akan mendapatkan pahala kebaikan sebanyak huruf yang telah diturunkan kepada Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Nabi Isa. Sebagaimana riwayat berikut ini:

Dari Ubay bin Ka’ab, dia berkata: Rasulullah Saw berkata kepadaku, "Barangsiapa membaca surah ‘Sabbihisma rabbikal a’laa, maka Allah akan memberinya pahala sepuluh kebaikan dengan hitungan setiap huruf yang diturunkan Allah atas Nabi Ibrahim, Musa, Isa, semoga Allah memberikan kepada mereka semua."

2. Surat yang Dicintai Nabi SAW


Keutamaan Surat Al-A'la yang selanjutnya ialah bahwa surat ini termasuk salah satu surat yang dicintai Nabi Muhammad SAW. Beliau sering membaca surat ini di dalam sholatnya, baik sholat sunah maupun fardhu. Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah riwayat berikut ini: "Dari Sayidina Ali bahwa dia pernah berkata: Nabi SAW mencintai surat ini, yaitu Sabbihisma robbikal a’laa."

3. Surat yang Dibaca saat Witir


Keutamaan Surat Al-A’la yang selanjutnya ialah surat ini sering dibaca Nabi SAW dalam sholat witir. Sholat sunah yang satu ini dikerjakan sebagai penutup sholat dalam waktu sehari, sehingga biasanya dilaksanakan setelah sholat isya atau setelah sholat tahajud.

Hal ini sebagaimana riwayat hadis berikut ini: "Dari Imran bin Hushain bahwa sesungguhnya Nabi Saw melaksanakan shalat Witir dengan membaca surat Sabbihisma robbikal a’laa, Qul yaa ayyuhal kafirun, dan Qul huwallaahu ahad."

Tag Pencarian

keutamaan surat al a'la, surat al a'la, surat al a'laa, surat al-a'la, surat al a'la merdu, quran surat al a'la, surah al a'la, surat al a'la latin, tafsir surat al a'la, surat al a'la metode ummi, al quran surat al-a'la, keutamaan surat al ala, makna surat al ala, surat al ala, surat al a'la hanan attaki, tartil al quran surat al-a'la,tartil al quran surat al-a'la ayat 16,quran, surat al a'laa latin, surat al ala metode ummi anak, surat al a'la 1-5

Posting Komentar untuk "Keutamaan Surat Al-A'la"