Blogger Jateng

Buku Fiqih Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Kelas 1

Buku Fiqih Madrasah Diniyah

Download buku madrasah diniyah takmiliyah Fikih PDF untuk jenjang awaliyah kelas 1 yang diterbitkan oleh (yang kala itu) Departemen Agama (Depag). Saat ini telah berganti nama menjadi Kementerian Agama yang disingkat Kemenag.

Dalam buku fiqih Madin kelas 1 ini menggunakan kurikulum 2007 sebagai landasan dalam pembelajaran mata pelajaran fikih dengan metode pembelajaran CTL, yaitu kepanjangan dari contextual Teaching and Learning.

Harapan dengan pengaplikasian metode CTL (contextual Teaching and Learning) adalah kemudahan para pengajar atau ustadz ustadzah pada madin utamanya di jenjang MDTA dalam pelajaran fikih sehingga materi yang disampaikan beserta contoh contoh yang ada menjadi up to date kepada anak didik para santri yang menjadi murid di lembaga.

Kemudian kemudahan ini memiliki imbas transformasi keilmuan yang maksimal dari guru kepada murid DTA.

Sayangnya file dalam format PDF ini kurang presisi pada waktu dilakukan scanning buku yang mengakibatkan hasil file pdf yang agak miring dan berdampak pada tampilan huruf serta gambar ilustrasi yang kurang jelas.

Meskipun begitu, dengan sedikitnya sumber buku untuk pembelajaran madin akan sangat membantu bagi lembaga yang masih mencari-cari materi pelajaran fikih bagi anak didiknya yang berada pada level awaliyah kelas 1 di madrasah diniyah.

Isi Buku Fikih untuk Madin Awaliyah kelas 1

Dalam materi fiqih madrasah diniyah takmiliyah untuk kelas 1 tingkat awaliyah ini terdapat 9 Bab atau bahasan yang dapat anda simak materinya sebagaimana dibawah ini;

  1. Bab I. Dua Kalimat Syahadat
  2. Bab II. Membiasakan Hidup Bersih
  3. Bab III. Berwudhu
  4. Bab IV. Adzan dan iqamah
  5. Bab V. Bacaan-bacaan dalam shalat
  6. Bab VI. Sholat 5 Waktu
  7. Bab VII. Syarat, rukun dan hal-hal yang membatalkan shalat
  8. Bab VIII. Shalat Jamaah,
  9. Bab IX. Dzikir sesudah shalat

Itulah kesembilan bab yang terdapat dalam buku fikih madrasah diniyah takmiliyah awwaliyah untuk kelas 1 dimana materi awal yang menjadi penekanan tentang syahadat dan ibadah, khususnya tentang hidup bersih, adzan dan iqamah, sholat serta dzikir setelah sholat.

Download Buku Fikih Madrasah Diniyah

Sekiranya telah melihat buku dimaksud dan hendak mengunduhnya, berikut kami bagikan link tautan memudahkan untuk download file buku fikih madin format PDF jenjang awaliyah kelas 1

Download Materi Fikih Madin

Semoga menambah wawasan dan khazanah materi dalam pembelajaran di madrasah diniyah takmiliyah khususnya pelajaran fikih untuk awwaliyah kelas 1.

Dengan adanya kebebasan dari Kemenag dalam kurikulum, buku ini bisa menjadi acuan pokok atau standar pembelajaran, atau bahkan hanya sebagian kecil yang anda ambil.

Pun begitu anda dapat juga membuat materi tersendiri berbeda dengan buku diatas dengan mengacu kepada batasan kemenag dalam hal prinsip kurikulum madin yang terdiri dari 5 prinsip yaitu ;

  • FLEKSIBILITAS
  • BERORIENTASI TUJUAN.
  • EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI
  • KONTINUITAS
  • PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP

Demikian informasi mengenai buku pegangan materi fikih bagi MDTA kelas 1.

Posting Komentar untuk "Buku Fiqih Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Kelas 1"