Blogger Jateng

Soal Ujian Madrasah Diniyah Takmiliyah (Tulisan Pegon)

Soal-soal Ujian MDTA

Download contoh soal ujian semester genap madrasah Diniyah Takmiliyah yang berasal dari forum komunikasi Madrasah Diniyah Takmiliyah (FKDT) Provinsi Jawa Tengah. Bentuk format soal ini dengan model PDF dengan beberapa mata pelajaran.

Selain dalam format PDF, soal ujian semester genap menggunakan huruf arab pegon guna mengasah kemampuan dalam membaca dan menulis dalam kata pegon yang sudah mulai banyak tergeser dalam penggunaannya utamanya pada generasi millenial yang lebih sangat paham dalam aksara huruf latin.

Mata pelajaran

Ada beberapa mata pelajaran yang bisa di unduh contoh soal ujian pada tulisan ini yang diantaranya adalah materi mapel ;

  • Qur’an kelas 3
  • Hadits kelas 2 – 4
  • Aqidah kelas 1 – 3
  • Akhlak kelas 1-4
  • Fiqih kelas 1 – 4
  • Lughot / bahasa kelas 1 – 4

Fungsi Ujian pada Madrasah Diniyah Takmiliyah

Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dalam adanya pelaksanaan ujian akhir semester bagi santri peserta didik pada Madin yang diantaranya adalah;

Cek keberhasilan kegiatan belajar mengajar

Dengan adanya ujian tertulis yang dilakukan teratur maka dapat terpantau sejauh mana para murid menangkap pelajaran yang diajarkan oleh para ustadz ustadzah pada DTA

Dan lanjutan dari hasil evaluasi ini nantinya tertuang dalam buku raport hasil evaluasi pendidikan selama satu semester.

Bukti profesional mengelola Madin

Bukan sekedar sebagai sarana evaluasi, tetapi berfungsi juga untuk bukti nyata pengelolaan madrasah ini dengan profesional tertata dan memiliki agenda pendidikan yang tertib serta terukur.

Meningkatkan keseriusan anak dalam belajar di Madin

Adanya soal ujian yang rutin membuat santri memiliki tanggungjawab untuk belajar lebih serius karena adanya ujian yang telah dijadwalkan oleh dewan pengasuh MDTA.

Peningkatan Kualitas Madrasah Diniyah secara komprehensif

Salah satu komponen ujian ini akan berhasil menaikkan kualitas madin karena akan berimbas kepada pengadaan raport serta ujian akhir yang nantinya bagi santri yang lulus atau selesai akan mendapatkan ijazah.

Adanya ijazah akan menarik minat pengelola guna pelaksanaan wisuda bersama yang menimbulkan promosi yang baik bagi madin itu sendiri.

Download soal ujian semseter Madin

Berikut adalah link soal ujian bagi madrasah diniyah takmiliyah sebagaimana daftar diatas menggunakan format PDF dengan aksara pegon dan arab. Menilik soal soal yang ada semestinya ini diperuntukkan bagi madrasah diniyah takmiliyah awwaliyah.

Selamat mengunduh.

Demikian informasi mengenai download soal ujian madrasah diniyah takmiliyah semester genap yang diambilkan dari Forum Komunikasi Madrasah Diniyah Takmiliyah (FKDT) Provinsi Jawa tengah.

Semoga semakin semangat mengelola Madin. Salam.

Posting Komentar untuk "Soal Ujian Madrasah Diniyah Takmiliyah (Tulisan Pegon)"