Blogger Jateng

Keutamaan Surat An-Naba'


Keutamaan Surat An-Naba'


Surat ke-78 ini terdiri atas 40 ayat dan tergolong surat Makkiyyah. Surat An-Naba’ yang berarti berita besar ini secara garis besar menjelaskan tentang peristiwa hari kiamat beserta kejadian-kejadian aneh yang mengiringinya. Diantara fadhilah membacanya adalah bahwa Allah akan menyiram dengan air yang sejuk kepada pembacanya di hari kiamat nanti.

Keutamaan Membaca Surat An Naba


Berikut ini beberapa keutamaan membaca surat An-Naba yang bisa didapatkan bagi umat Muslim yang rutin membacanya, yakni:

1. Mendapatkan syafaat di hari kiamat


Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam dalil berikut ini:

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang membacanya (Surat An-Naba’) dan menghafalnya, maka hisabnya di hari kiamat hanya sekitar salat satu (rakaat). Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya, maka kutu tidak dapat mendekatinya, ia juga memperoleh kekuatan dan kehebatan yang besar.” (Tsawabul A’mal, Juz 8: 193)

2. Mendapatkan wasilah agar dapat berkunjung ke Baitullah


Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam dalil berikut ini:

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca ‘amma yatas alun (Surat An-Naba'), maka tidaklah berakhir satu tahun – apabila ia membacanya secara istiqamah setiap hari – hingga ia dapat berkunjung ke Baitullah yang mulia, Insya Allah.” (Tsawabul A’mal: 150)

3. Dipermudahkan saat Yaumul Hisab


Yaumul hisab atau hari penghisaban adalah hari di mana seluruh amalan manusia akan diperhitungkan, sekecil apa pun, baik ataupun buruk.

Namun, salah satu keutamaan orang mukmin yang mengamalkan surah An Naba yaitu dipermudahkan saat proses perhitungan amalan

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membacanya (Surah An-Naba') dan menghafalnya, maka hisabnya di hari kiamat hanya sekitar salat satu (rakaat).

Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya, maka kutu tidak dapat mendekatinya, ia juga memperoleh kekuatan dan kehebatan yang besar.” (Tsawabul A’mal, Juz 8: 193)

Hikmah Surah An Naba


Melihat dari penjelasan ayat-ayat yang terkandung dalam surah An Naba ini, terdapat hikmah atau pelajaran yang dapat dipetik oleh umat Islam, seperti:
  1. Orang beriman akan meyakini keberadaan hari kiamat dan akhirat sehingga hatinya tenang dan tidak mempertanyakan hal-hal yang sudah diyakini pasti terjai.
  2. Orang kafir suatu saat akan melihat bukti kebenaran hari yang besar tersebut.
  3. Meyakini bahwa Allah SWT telah menciptakan alam semesta dan kehidupan dunia di dalamnya sebagai bukti adanya hari kiamat.
  4. Peristiwa hari kiamat merupakan hari yang besar dan telah ditentukan oleh Allah SWT.
  5. Orang-orang yang melampaui batas dan tidak percaya adanya berita yang besar maka akan kembali pada neraka Jahannam.
  6. Segala amal baik dan buruk manusia sudah dicatat oleh malaikat dan akan mendapatkan balasan.
  7. Orang beriman dan bertakwa akan mendapatkan kemenangan dengan kenikmatan surga.
  8. Orang yang dikehendaki Allah SWT akan menempuh jalan kembali kepada-Nya maka mohonlah hidayah.
  9. Orang yang tidak beriman akan menyesali kekafiran.
Tag Pencarian
  
tafsir surat an naba, surat an naba, keutamaan surah an naba, surah an-naba, keutamaan surat an naba, surah an-naba tafseer, surat an naba merdu, quran, keutamaan membaca surah an naba, keutamaan surah al qur'an, keutamaan surat al mulk dan al waqiah, surah an naba, keutamaan surat annaba, surah an-naba mishary al afasy, keutamaan surat annas, keutamaan surat yssin, keutamaan surat an nasr, keutamaan surat an nahl, keutamaan surat an najm, keutamaan surat annisa

Posting Komentar untuk "Keutamaan Surat An-Naba'"