Blogger Jateng

Keutamaan Surat Al-Ghasyiyah


Surat Al-Ghasyiyah


Surat yang ke-88 ini terdiri atas 26 ayat dan tergolong surat Makkiyyah. Surat Al-Ghasyiyah yang berarti peristiwa yang dahsyat ini secara garis besar menjelaskan tentang keadaan penghuni surga dan neraka, selain juga anjuran untuk memperhatikan keajaiban penciptaan alam semesta. Surat ini biasa dan sunnah dibaca ketika shalat jum’at dan hari raya.

Keutamaan Membaca Surah Al-Ghasyiyah


Ketika seseorang membaca surah Al-Ghasyiyah akan mendapatkan fadhilah dan manfaat sebagai berikut.

Surah Al-Ghasyiyah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad sebagai tambahan. Oleh sebab itu, Rasullullah memiliki keistimewaan dan keutamaan daripada nabi-nabi pendahulunya.

Allah memberikan selubuh kepada pembaca surah Al-Ghasyiyah dengan rahmat-Nya baik di dunia maupun di akhirat. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Abi Abdullah. Abi Abdullah berkata “Barangsiapa yang dengan istiqamah membaca hal ataka haditsul-ghasyiyah (Surat Al-Ghasyiyah) di dalam salat fardu atau sunah, maka Allah akan menyelubunginya dengan rahmat-Nya di dunia dan akhirat, dan di hari kiamat, Allah akan mendatangkannya dengan aman dari siksa neraka.” (Tswabul A’mal: 152)

Seseorang yang membaca surah Al-Ghasyiyah akan memperoleh keringanan pada hisabnya. Surah tersebut juga dapat dijadikan sebagai doa atau wasilah kelahiran, orang yang melarikan diri, dan orang yang meminta pertolongan.

Nabi Muhammad S.A.W. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Ghasyiyah), maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang mudah, dan barangsiapa yang membacanya atas dilahirkan seorang manusia, atau yang lain, orang yang meminta tolong, dan orang yang melarikan diri, maka itu dapat menenangkannya dan membuatnya diam.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 267)

Tag Pencarian

surat al ghasyiyah, surat al-ghasyiyah, keutamaan surat al-ghasyiyah, quran, surat ghasyiyah, keutamaan dan manfaat membaca surat al-ghasyiyah, surat al ghasyiyah merdu, surat al ghasiyah latin, surah al ghasyiyah, manfaat surat al-ghasyiyah, quran murottal surah al-ghasyiyah, keutamaan surat al-insyirah, keutamaan membaca surat al-insyirah, surah al ghasyiyah merdu, surat al-ghasyiyah merdu, surat al ghasyiyah dan artinya, surat al ghasyiyah metode ummi

Posting Komentar untuk "Keutamaan Surat Al-Ghasyiyah"