Blogger Jateng

Keutamaan Surat Ar-Rahman


Surat Ar-Rahman


Surat ke-55 ini terdiri atas 78 ayat dan tergolong surat Makkiyyah. Surat ini merupakan ringkasan dari pokok-pokok akidah dari seluruh surat dalam Al-Qur’an. Rasulullah saw menjuluki surat ini dengan ‘Arusul Qur’an (pengatin Al-Qur’an): “Segala sesuatu itu ada sepasang pengantinnya, dan sepasang pengantin Al-Qur’an adalah surat Ar-Rahman. (HR Baihaqi).

Selain itu keutamaan di atas, Rasulullah saw pernah membacakan surat Ar-Rahman dari awal sampai akhir kepada para sahabatnya. Mereka diam seribu bahasa, lantas beliau saw bersabda : “Heran aku menyaksikan kalian malah diam. Aku benar-benar membacakannya kepada sekelompok jin pada malam pertemuanku dengan jin. Mereka lebih bagus tanggapannya daripada kalian. Pada saat aku bacakan kepada mereka ayat “Fabi-ayyi aalaai robbikumaa tukadz-dzibaan”, mereka lantas menjawab/menanggapi : “Tiada satu pun dari nikmat pemberian-Mu, wahai Tuhanku, yang kami dustakan..Karenanya, Bagi-Mu segala puji”. (HR Tirmidzi, Ibnul Mundzir, Baihaqi, Al-Hakim, dari Jabir).

Keutamaan Membaca Surat Ar Rahman


Mengutip buku 9 Surat Al Qur'an Pilihan yang disusun Tim Minebooks, berikut beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika membaca surat Ar Rahman.Keutamaan ini dapat diraih di dunia maupun di akhirat.

1. Selalu mensyukuri nikmat Allah SWT


Dengan membaca surat Ar Rahman, kita akan diajak oleh Al-Qur'an untuk mengingat kenikmatan yang telah diberikan Allah SWT. Dengan demikian, kita akan senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah didapatkan.

Pengulangan ayat fa bi'ayyi ālā'i rabbikumā tukażżibān (Surat Ar Rahman Latin) yang artinya Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Tentu menjadi pengingat diri kita bahwa ada banyak sekali nikmat yang Allah berikan.

2. Matinya dihitung sebagai syahid


Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa membaca Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala'i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmat Mu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid." (HR. Imam Ja'far)

3. Mendapat ridha Allah SWT


Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa membaca surat Ar Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya."

4. Mendapat syafaat di hari kiamat


Rasulullah SAW bersabda:

"Jangan tinggalkan membaca surat Ar Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya (Ar Rahman) pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum, pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang paling dekat dengan-Nya selainnya.

Pada saat itu Allah SWT berfirman: Siapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu (Surat Ar Rahman)? Dia menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjadi putih. Dan ia berkata kepada mereka: berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian. Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalu ia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan."

5. Meningkatkan keimanan


Dengan membaca surat Ar Rahman, kita senantiasa mengingat Allah SWT dan memuji kebesarannya. Cara ini dapat meningkatkan keimanan sehingga selalu merasa dekat dengan Allah SWT.

Semakin tinggi keimanan seseorang maka ia akan semakin berhati-hati dalam melakukan tindakan. Setiap tindakan akan disaksikan oleh Allah SWT. Secara tidak langsung, ini adalah cara Allah SWT melindungi diri kita dari perbuatan dzalim.

Itulah beberapa keutamaan membaca surat Ar Rahman. Semoga kita dimudahkan dalam mengamalkannya setiap hari.

Manfaat Surat Ar-Rahman


1. Meningkatkan Rasa Syukur


Manfaat surat Ar-Rahman memberikan umat Islam banyak contoh tentang nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada manusia, seperti makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya. Surat ini mengajarkan untuk selalu bersyukur kepada Allah atas semua nikmat yang telah diberikan kepada umatnya. Dengan membaca dan menghafalkan Surat Ar-Rahman, seorang muslim akan lebih memahami nikmat-nikmat Allah yang tak terhitung jumlahnya.

2. Memberikan Ketenangan dan Kedamaian


Manfaat surat Ar-Rahman juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian kepada umat Islam. Surat ini memaparkan kebesaran Allah dan kekuasaannya atas segala sesuatu yang ada di dunia. Dengan membaca surat ini, seorang muslim akan merasa lebih tenang dan tentram karena tahu bahwa Allah senantiasa menjaga dan melindunginya.

3. Meningkatkan Iman dan Taqwa


Surat Ar-Rahman mengajarkan tentang keagungan dan kebesaran Allah. Surat ini memperlihatkan betapa Allah adalah satu-satunya yang pantas dijadikan tempat bergantung dan berharap. Dengan rutin membaca Surat Ar-Rahman, akan semakin menguatkan iman dan taqwa kepada Allah.

4. Membuka Pintu Rezeki


Banyak ulama yang mengatakan bahwa membaca Surat Ar-Rahman secara rutin dapat membuka pintu rezeki. Surat ini mengajarkan manusia untuk selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberika. Dengan bersyukur, seorang muslin akan mendapatkan lebih banyak rezeki dari Allah.

5. Mempercepat Kesembuhan


Manfaat surat Ar-Rahman juga baik untuk kesehatan. Banyak orang yang telah merasakan manfaat ini, di mana membaca surat ini dapat mempercepat kesembuhan dari penyakit. Hal ini karena Surat Ar-Rahman mengandung ayat-ayat yang penuh dengan doa dan permohonan kepada Allah untuk menyembuhkan segala penyakit.

6. Menghindarkan Gangguan Jin dan Setan


Surat Ar-Rahman juga dapat menjaga seseorang dari gangguan jin dan setan. Surat ini mengandung ayat-ayat yang melindungi manusia dari kejahatan-kejahatan makhluk halus. Dengan membaca Surat Ar-Rahman, seorang muslim akan mendapatkan perlindungan dari Allah dari segala bentuk gangguan makhluk halus.

7. Meningkatkan Kecintaan Kepada Allah


Surat Ar-Rahman juga mengajarkan tentang kebesaran dan keindahan ciptaan Allah di alam semesta ini. Ayat-ayatnya menggambarkan dengan indah bagaimana Allah menciptakan segala sesuatu dengan sempurna dan mengatur alam semesta dengan penuh hikmah. Dengan membaca Surat Ar-Rahman, muslim akan semakin mencintai Allah dan segala ciptaan-Nya.

8. Menenangkan Hati yang Gelisah


Manfaat surat Ar-Rahman juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi orang yang merasa gelisah atau cemas. Ayat-ayatnya yang penuh dengan pengulangan "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?" dapat membantu meredakan kecemasan dan memberikan ketenangan batin.

9. Memelihara Hubungan Baik Antar Manusia


Surat Ar-Rahman juga mengajarkan manusia untuk selalu memperhatikan sesama dan berbuat kebaikan kepada mereka. Ayat-ayatnya yang menyebutkan tentang orang-orang yang membutuhkan, seperti yatim piatu, fakir miskin, dan orang yang teraniaya, dapat meningkatkan kepekaan sosial umat Islam dan mendorong untuk berbuat kebaikan.

Surat Ar-Rahman juga mengajarkantentang pentingnya berbakti kepada orang tua. Ayat-ayatnya yang menyebutkan tentang rasa syukur kepada Allah atas nikmat memiliki orang tua yang masih hidup dapat membantu untuk lebih menghargai dan menghormati orang tua, serta memperkuat hubungan dengan kedua orang tua.

10. Meningkatkan Keberkahan Hidupan


Manfaat surat Ar-Rahman juga dapat membantu umat Islam untuk mendapatkan keberkahan dalam kehidupan. Ayat-ayatnya yang memaparkan tentang kebesaran Allah dan nikmat-Nya yang tak terhitung jumlahnya dapat membantu untuk lebih bersyukur dan memohon keberkahan-Nya dalam segala aspek kehidupan.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Surat Ar-Rahman"