Blogger Jateng

Keutamaan Surat Al-Fath


Surat Al-Fath


Surat Al-Fath terdir atas 29 ayat dan tergolonag surat Makkiyyah. Al-Fath berarti kemenangan. Nabi sangat gembira dengan turunnya ayat ini. Sabda beliau: “Sungguh ditutunkan kepadaku satu surat, yang surat itu benar-benar lebih aku sukai dari seluruh apa yang disinari matahari.”. Lalu beliau membaca surat Al-Fath.. Kegembiraan beliau disebabkan permulaan surat ini mengabarkan kemenangan demi kemenangan akan diperoleh Nabi dan kaum muslimin. Dan benar, setahun kemudian Makkah dan kaum kafir Quraisy dapat ditundukkan, yang dikenal dengan peristiwa Fathu Makkah, dan kaum muslimin menguasai daerah-daerah yang dahulunya belum terkuasai di masa Nabi saw. Selain itu surat ini mengkisahkan peristiwa-peristiwa seputar Bai’atur-Ridhwan.

Keutamaan Surat Al-Fath


Keutamaan surat ini diantaranya:

1. sabda beliau : “Siapa yang membaca surat Al-Fath, ia diberi pahala seperti pahala orang yang mengikuti Bai’at bersama Muhammad saw di bawah pohon Ridhwan” (HR dari Ubay bin Ka’ab).

2. Sebagian ulama shalihin menjelaskan: “Jika dibaca dalam jumlah banyak orang yang lemah, maka ia akan kuat dan mulia; atau oleh yang terbelenggu, ia akan tertolong; atau oleh yahg tertimpa kesulitan hidup, maka Allah memberinya kemudahan; atau oleh orang yang terlilit hutang, maka Allah akan melunasi hutang-hutangnya; atau oleh yang dipenjara (secara zhalim), maka segera keluar dari penjaranya; atau oleh orang yang susah, geliasah, dan stress, maka berkat kelemahlembutan Allah dan kemuliaan-Ny, serta berkat rahasia yang tersimpan di balik surat ini, maka segera menjadi hilang kegelisahannya itu. Dengan catata: jangan meninggalkan usaha/ikhtiyar dan kebagusan niat.

3. Apabila membaca Surat Al Fath secara terus menerus setiap harinya maka orang itu akan ditemui oleh Rasulullah SAW di dalam mimpinya.

4. Membaca Surat Al-Fath dengan istiqomah setiap harinya hingga akhir hayatnya maka dia akan berkumpul dengan orang yang mati syahid.

5. Nabi Muhammad SAW bersabda "Membaca Surat Al Fath sama dengan pahalanya berperang syahid bersama Rasulullah semasa Fathu Makkah" yang diriwayatkan oleh hadits Imam Sa'labi.

6. Barangsiapa membaca Surat Al Fath setelah selesai sholat fardhu, maka Allah SWT akan memberikan kemenangan baginya melawan berbagai macam godaan syaiton dan hawa nafsu.

Abi Abdullah berkata, Rasulullah SAW bersabda "Lindungilah harta kalian, istri-istri kalian dan sahaya kalian dari kerusakan dengan membaca surat Inna fatahna (Surat Al-Fath)" Tsawabul A'mal: 144

Sangat banyak sekali keutamaan dalam Surat Al-Fath ini jika dibaca terus menerus setiap harinya. Tetapi perlu diingat bahwa bukan hanya dibaca saja, kita juga harus mengamalkannya dengan baik.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Surat Al-Fath"